Jumat, 30 Oktober 2015

Reaksi Pemutih Terhadap Cahaya

Nyaharooo~~ Author di sini~~ Hari ini Author mau membahas tentang reaksi pemutih pakaian cair terhadap cahaya.
Jadi, pas itu Author mau ngerjain tugas Biologi bab bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari kalo nggak salah judul babnya. Tugasnya itu suruh nempel bungkus bahan kimia, terus nulis kandungan sama manfaatnya.
Nah, pas mindahin isinya pemutihnya itu, Author taruh cairannya di botol yang transparan. Kemudian, Author lihat bungkusnya. ‘Kok dalemnya pembungkus warna hitam?’ dan begitu Author lihat ke arah botol, pemutihnya bereaksi.
Reaksinya ditunjukkan dengan munculnya busa-busa yang memiliki sedikit kandungan ‘kalor’. Terbukti dengan panas yang Author rasakan ketika menyentuh botol. Kemudian author tutup botolnya. Author coba tekan, dan sepertinya panasnya itu memberikan tekanan. Karena saat Author menekan botolnya, botolnya keras. Nggak gampang berubah bentuk.
Terus, dalam keadaan botol tertutup, Author bungkus botol itu dengan kresek hitam dan ditaruh di tempat yang gelap. Tidak beberapa kemudian, pemutih itu kembali menjadi seperti sedia kala.
Dari kejadian ini Author menyimpulkan bahwa pemutih itu bereaksi terhadap cahaya. Bukan udara. Karena saat botolnya ditutup tadi, pemutihnya terus berkembang.

Oke sekian dari Author~~ Moga-moga bermanfaat yaa~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar