Jumat, 23 Oktober 2015

PEMBAHASAN MATA PELAJARAN BIOLOGI BAB PENCERNAAN

Hai hai~ malam semua~ Hikarin kembali kesini buat ngepost sesuatu yang bermanfaat dari pada yang sebelum-sebelumnya. Ya blog ini mau dibuat penilaian TIK ku, jadi pasti diliat sama guruku.. Jadi pas diliat aku mau orangnya ngeliat sesuatu yang bermanfaat dari blogku. Ehehe~
Oke. Kali ini Hikarin mau ngebahas latihan di buku BSE kelas 8 bab pencernaan. Hikarin lupa bab berapa itu soalnya udah kelas 8,sedangkan Hikarin nulis ini pas udah kelas 9.. Ya udah deh langsung aja~
Hal. 39
1.       Apa fungsi makanan?
ð  Fungsi makanan terbagi menjadi 3. Sebagai sumber energi, zat pembangun, dan zat pengatur. Sebagai sumber energi karena berfungsi sebagai penghasil kalor dan tenaga. Dapat diperoleh dari karbohidrat sebagai sumber utama dan lemak sebagai cadangan. Sebagai zat pembangun karena berfungsi untuk pertumbuhan/membentuk sel baru dan mengganti sel-sel yang rusak jika terjadi luka, dll. Dapat diperoleh dari protein. Makanan sebagai zat pengatur karena berfungsi untuk mengatur kelancaran kerja alat-alat tubuh.
2.       Mengapa kamu harus mengunyah makananmu?
ð  Agar bisa diserap tubuh. Oke ini entah kenapa terlalu pendek  -_-
3.       Jelaskan proses pencernaan makanan!
ð  Proses pencernaan makanan adalah membuat makanan bisa diserap oleh tubuh, dengan cara dihaluskan/ mengubah ke bentuk lain.
Hal. 43
1.       Tuliskan makanan yang merupakan sumber energi dan nonenergi!
ð  Makanan yang termasuk `energi` adalah karbohidrat, lemak, dan protein. Energi atau disebut juga macronutrien berarti zat tersebut dibutuhkan dalam jumlah besar. Jika zat-zat tersebut lebih dari yang dibtuhkan, maka zat tersebut akan disimpan di dalam tubuh. Sedangkan yang termasuk `nonenergi` ialah vitamin dan mineral. Bila energi disebut macronutrien, maka nonenergi disebut micronutrien yang berarti zat itu dibutuhkan dalam jumlah sedikit. Jika zat itu kelebihan, maka akan dibuang oleh tubuh.
2.       Apakah fungsi vitamin bagi tubuh?
ð  Melancarkan proses dalam tubuh.
Hal. 50
1.       Tuliskan organ-organ pencernaan pada manusia!
ð  Saluran pencernaan >> alat pencernaan yang dilewati makanan (mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus.)
ð  Kelenjar pencernaan >> membantu menghasilkan enzim (kelenjar air liur = ptialin; kelenjar lambung = pepsin, renin, HCL; pankreas = amilase, lipase, tripsin; kelenjar empedu.)
2.       Usus halus terdiri atas tiga bagian. Sebutkan!
ð  Duodenum(12 jari), jejunum(usu kosong), ileum(usus penyerapan). Di ileum terdapat banyak pembuluh kapiler untuk diedarkan keseluruh tubuh melalui darah(pembuluh darah).
3.       Di manakah terjadinya pembusukan zat-zat makanan?
ð  Pembusukan terjadi di usus besar oleh bakteri E-Coli. Sisa makanan tidak akan hancur jika tidak ada bakteri E-Coli. Jika sisa-sisa makanan tidak dibuang, akan menjadi penyakit. Karena sisa makanan mengandung racun.
Hal. 51
1.       Mengapa sistem pencernaan dalam tubuh kita dapat terganggu?
ð  Kemasukan bibit penyakit, kelainan alat pencernaan, makanan tidak sesuai dengan alat pencernaan kita.
2.       Tuliskan contoh-contoh gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan!
ð  Diare, apendisitis, maag, sembelit, ulkus, dll.
Hal. 53-54 (dibagian ini Hikarin nggak ngebahas pernomer. Tapi bakal jadi poin-poin gitu~)
·         Vitamin yang larut oleh air >> B & C. Vitamin yang larut oleh lemak >> A, D, E, K.
·         Gerak peristaltik : gerakan mendorong makanan.
·         Mekanis -> yang mengguanakan alat/ gerakan. Kimiawi -> yang menggunakan enzim. Biologi -> yang menggunakan makhluk hidup (bakteri E-Coli di usus besar.)
·         Mengemulsikan lemak >> membuat lemak menjadi bisa larut.
·         Bakteri E-Coli bersifat mutualisme. Membantu pembusukan dan membantu proses pembentukan vitamin K.
·         Maag : terjadi luka pada dinding lambung. Terjadi jika terjadi gesekan antar dinding lambung(gerak peristaltik) dan tidak terdapat makanan. Terasa perih karena luka di dinding lambung terkena asam klorida. Dinding lambung menghasilkan getah lambung.
·         Makanan tidak akan bisa dikunyah dengan baik jika gigi kita ompong.
·         Karena dalam snack terkandung : bahan sintetis yang berbahaya ; zat-zat karsinogenik(menyebabkan kanker).
·         Mengetahui mengandung karbohidrat. Nasi dihaluskan kemudian diberi iodium/ betadine. Jika warna berubah menjadi biru kehitaman berarti mengandung karbohidrat.
·         Mengetahui mengandung protein. Jagung dihaluskan, diberi biured, kemudian dipanaskan. Jika warna berubah ungu berarti mengandung protein.
·         Diet tanpa lemak akan menyebabkan orang menderita avitaminosis terhadap vitamin A D E K.

·         Protein pepsin> pepton tripsin> polieptida peptidase > asam amino.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar